Hikmah GAP 2 Tahun

Hai, semuanya! Apa kabar?

Sudah sekian bulan rasanya aku belum update di blog ini lagi. Dan kali ini aku menggunakan Bahasa Indonesia, yang mana post ini akan menjadi artikel pertamaku dalam Bahasa Indonesia. Sebenarnya aku tidak berharap akan ada banyak orang yang mau baca artikel ini karena akan membahas masalah pribadi, yang orang juga ga bakal peduli sih ya. Yaudahlah.

Cerita tentang waktu, seperti judul di atas aku akui aku memang nge-GAP 2 tahun. Mungkin untuk banyak orang khususnya orang di lingkunganku dan pola pikir rata-rata orang Indonesia, ini adalah waktu yang sangat terbuang sekali. Mungkin ada orang yang bilang di belakangku bahwa aku telah membuang waktu dengan sia-sia. Tapi kenyataannya itu salah besar. Bagiku ini adalah hikmah dari Allah SWT. Dan aku jadi belajar banyak banget tentang “My Inner Self” atau Jati Diriku sebenarnya. Jujur, agak bingung sih ya mau bicarakan tentang negatifnya dulu atau positifnya dulu, karena memang negatifnya pasti ada, dampak dan risiko pasti akan selalu ada. Tapi, ini beberapa hal yang telah aku dapatkan selama nge-GAP 2 tahun.

Jadi Lebih Kuat.

strong
GIF source : reactiongifs.com

Setelah semua kegagalan yang sudah aku alami, di tolak PTN sana sini selama 2 tahun, membuat aku jadi lebih kuat. Awal lulus tahun 2015, aku ikut berbagai macam ujian you name it lah. Tapi gak ada satu pun yang ke cantol. Pada saat ini teman-teman dan para saudara mulai men-judge (Judge nya bisa dibaca disini)  dengan berbagai macam lontaran pertanyaan dan sindiran pedas level 10. Frustasi? Pasti. Depresi? Pasti. Sedih? Pasti. Kecewa? Pasti. Dan segalanya alhamdulilah bisa ku lalui. Ini adalah kekuatan terbesar yang aku syukuri pastinya. Tanpa Al-Quran dan Allah SWT aku mungkin gak bisa melalui hari-hari sulit. Alhamdulilah.

Menjadi Karakter yang Lebih Baik.

Sejak kegagalan selama 2 tahun berturut-turut, aku berusaha atau mungkin bertanya-tanya kesalahan apa yang ada dalam diriku? Atau mungkin ini hanya takdir, bukan rezeki seperti yang kebanyakan orang bilang? Berusaha mengevaluasi diri sendiri membuatku menjadi karakter yang lebih baik. Akhir tahun 2015 akhirnya aku menggunakan Hijab atas dasar keputusanku sendiri tanpa paksaan apa pun. Yang sebelumnya aku bisa di bilang, ugal-ugalan, cuek bebek sama pakaian, rock and roll sama fashion dan lain macam itu. Alasan menggunakan hijab adalah karena aku merasa jadi lebih tentram dan percaya diri. Aku gak peduli lagi sama rambutku bakal kaya gimana kalau difoto dan lain sebagainya. Meskipun menurutku gak ada yang salah sama penampilanku sebelumnya.

untitled
Source : bustle.com

 

Semakin Rajin, dan Open Terhadap Hal-hal Baru.

Semenjak di cap “pengangguran’’ aku jadi lebih ingin membuktikan bahwa aku bukan pengangguran biasa. Intinya, ini bukanlah hal yang aku lakukan dengan sia-sia. GAP 2 tahun membuatku bebas melakukan apa pun yang aku mau. Dari yang sebelumnya aku jarang banget baca buku, sekarang aku jadi lebih kolektif terhadap buku dalam topic apa pun. Karakter baru jadi terbentuk. Mulai dari buku pajak, buku tentang kedisiplinan, buku pengaturan panggung pementasan teater, dan lain sebagainya. Apa pun buku yang aku temukan di rumah, aku akan semangat bacanya. Dari hal ini, wawasan jadi bertambah dan terbuka. Hal-hal yang tadinya aku tidak tahu sekarang aku jadi tahu. Hal ini juga membuatku semakin rajin research di Internet a k. a Wikipedia. Kalau ada istilah atau kasus dalam buku itu yang aku gak tau, tanpa segan aku akan cari di Wikipedia. Dan dari sini pengetahuan tentang dunia luas jadi bertambah. Bahkan, aku jadi menemukan program-program yang menarik yang belum pernah aku tahu sebelumnya. Enak ya kalau tahu tentang banyak hal. Kita jadi lebih open minded terhadap apa pun masalah yang kita hadapi. Btw, aku sekarang lagi belajar bahasa Spanyol lho! Hahaha.

spanish-genius
GIF source : latinaish.com

 

Mantap dan Matang Akan Pilihan Hidup.

Ternyata semua kegagalan dan berbagai macam masalah yang aku lalui (gak mungkin disebutkan satu-satu) membuatku sadar bahwa ada beberapa keputusan yang salah. Dan kalau aku tidak gagal, aku akan terjebak dalam kesalahan itu. Sekali lagi alhamdulilah karena Allah SWT tau yang mana yang terbaik untuk setiap hamba-Nya. Aku jadi tahu apa yang aku mau ke depannya, apa sebenarnya tujuanku, apa aku benar-benar menginginkannya? Apa benar-benar dari kata hati? Hal-hal seperti inilah yang membuat kebanyakan orang Insomnia, karena overthinking. Ada beberapa orang yang bahkan salah jurusan, mempertanyakan apa itu keputusan yang benar dan macam pertanyaan life choices lainnya. Tapi karena aku punya waktu luang GAP 2 tahun ini membuatku semakin mantap dan aku bahkan bisa merancang tujuan hidupku dengan lebih solid lagi. Aku jadi tahu setelah aku masuk kuliah nanti, hal apa saja yang harus kulakukan, bahkan merancang kehidupan jika sudah lulus kuliah dan bekerja, memiliki keluarga, masalah financial, kehidupan sosial (Insyaallah kalau umur panjang, aamiin), dan lain sebagainya.

primo
GIF source : primogif.com

 

Lebih dekat dengan keluarga.

Tentu keluarga adalah satu-satunya yang akan menerima kita dalam keadaan apa pun. Jika kita ada masalah, apa pun itu pasti kita akan balik ke keluarga kita. Terutama orang tua kita. Karena masalah yang kita alami, kita jadi lebih terbuka terhadap keluarga dan orang tua. Jadi banyak waktu luang bersama keluarga, jadi sering makan bareng dan lain sebagainya. Ini hal yang patut disyukuri karena belum tentu semua masih dapat merasakannya. Ada yang sudah kehilangan mereka atau bahkan tidak bisa merasakan bagaimana rasanya memiliki keluarga. Kalau kita tengok saudara kita misalnya Aleppo, kita jadi lebih ingin bersama keluarga kita. Selama masih ada keluarga dan orang tua, manfaatkanlah waktu sebaik dan sebanyak mungkin.

ueim4oi3ufhihuri5dle_med
GIF source : mobcup.net

 

Automatic Friends Filter

Nah ini yang paling asyik dan juga penting. Masalah atau musibah yang datang ke kita membuat kita tahu siapa yang benar-benar teman kita, siapa yang benar-benar peduli sama kita. Alhamdulilah setelah 2 tahun ini, teman selalu di filter dengan sendirinya. Dari hasil penyaringannya, yang bisa aku anggap teman hanya sekitar 1 sampai 2. Alhamdulilah. Bahkan orang yang kenal sejak lama, yang tadinya ada cap “teman” tidak pernah ke saring. Malahan lucunya, teman yang baru kenal selama beberapa bulan lebih peduli terhadap kita. Lucu ya. Enaknya tidak punya banyak teman adalah kita jadi lebih bebas (Freeedoooommm) dan juga gak bikin pusing.

635710603478649804-817111490_43655-carlton-dancing-gif-8bku_zps7b07ef36
GIF source : theodysseyonline.com

 

Lebih bersyukur dan makin termotivasi.

GAP 2 tahun membuat aku jadi lebih cinta sama bumi. Betapa pentingnya sumber daya alam, air bersih, tanaman, hutan dan lain sebagainya. Hal ini aku dapat karena poin ketiga di atas. Aku jadi bersyukur bisa merasakan air bersih dengan mudah, bersyukur masih bisa melihat indahnya alam di kehidupan ini. Pernah suatu subuh, aku berjam-jam liatin bulan dan nunggu untuk lihat matahari terbit. Perasaan relax itu bikin ketagihan. Aku jadi jatuh cinta sama nature. Dan termotivasi untuk selalu menjaga bumi ini. Kalau ingin jatuh cinta sama nature coba tonton channel BBC Earth, karena sejak GAP aku jadi lebih sering tonton channel itu, banyak manfaat dan wawasan.

tumblr_nn84w4yiuv1ro98a6o1_400
GIF source : tumblr

 

Yah kira-kira begitu pengalaman GAP 2 tahun. Sebenarnya itu semua hanya sebagian kecil. Tapi gak mungkin banget aku ceritakan 100% secara detail. Dan dari apa yang udah aku dapatkan, aku gak akan bilang bahwa pengalaman GAP 2 tahun ini adalah waktu yang terbuang sia-sia. Dan aku bersyukur karena belum tentu semua orang mendapatkan pelajaran seperti yang aku dapatkan. Intinya, hiduplah sesuai yang kalian mau. Jadi diri sendiri. Haters akan selalu membenci kita untuk alasan apa pun. Tetap jadi diri sendiri dan jalankan apa pun yang kamu mau.

Jangan lupa LIKE kalau kalian suka. SHARE kalau dirasa berguna untuk dibagikan, dan berkomentar kalau ada yang mau ditanyakan atau ingin menanggapi. Terima Kasih 🙂

Untuk mengetahui cerita-cerita ataupun pengalaman para GAP-ers  lainnya kamu bisa mengunjungi link berikut ini https://www.thestudentroom.co.uk/showthread.php?t=709776

(Mohon maaf jika ditemukan kesalahan dalam pemilihan kata, EYD, maupun penggunaan bukan kata baku menurut KBBI)

Advertisements

2 thoughts on “Hikmah GAP 2 Tahun

  1. Keren kisahnya. Tetap semangat ya 🙂 Saya juga ada temen yang GAP setahun. Dia anak yang berprestasi banget semasa SMA. Entah kenapa SNMPTN menolaknya, SBMPTN pun lulus dipilihan terakhir yang tidak ia pilih sungguh-sungguh; akhirnya nggak diambil. Eh sekarang dia dapat beasiswa S1 ke luar negeri. Dibalik itu semua, pasti ada kejutan spesial dari Allah ta’ala. Aamiin

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s